Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday 6 April 2012

Cara meningkatkan daya ingat


Sering kita mengalaminya, ketika pergi ke supermarket dan tiba-tiba lupa apa yang seharusnya dibeli. Tidak bisa mengingat nama teman kantor suami Anda, atau lupa di mana menaruh kunci motor.

Kejadian-kejadian seperti itu sangatlah normal, apalagi ketika Anda sedang banyak pikiran. Walaupun begitu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kondisi yang sering disebut dengan pikun ini, ternyata bisa terus memburuk seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan bisa jadi gejala-gejala awal alzheimer atau dimentia.

Jika gangguan ingatan sudah mulai menyulitkan hidup Anda, maka perlu dilakukan tindakan yang bisa meminimalisir sifat lupa itu. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga atau meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Health.

1. Sarapan
Sebuah penelitian di Tuft University menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari memiliki daya ingat yang buruk. Sel otak Anda membutuhkan karbohidrat untuk berfungsi secara optimal. Roti gandum panggang mengandung karbohidrat kompleks yang baik untuk diet dan otak Anda.

2. Olahraga Pagi Sebelum Bekerja
Menurut Sandra Aamodt, PhD, penulis “Welcome to Your Brain”, olahraga meningkatkan peredaran darah ke otak dan menyuplai lebih banyak oksigen serta glukosa yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar. Berdasarkan penilitian di Journal Neurobiology of Learning and Memory, Anda dapat mempelajari kosakata baru 20% lebih cepat setelah berolahraga. Disarankan untuk mengambil kelas aerobik atau kickboxing, agar Anda dapat melatih memori dengan menghafalkan gerakan yang diberikan oleh instruktur.

3. Ganti Font Tulisan
Apakah Anda biasanya menggunakan font Times New Roman? Cobalah mengganti font tulisan Anda. Memfokuskan otak terhadap jenis font tulisan yang berbeda dapat meningkatkan kinerja otak. Mengubah font tulisan dari Times New Roman menjadi Comic Sans Italicized dapat melatih otak untuk lebih berkonsentrasi.

4. Browsing Ketika Jam Makan Siang
Sebuah studi di University of California menunjukkan, menghabiskan waktu selama satu jam sehari di internet dan browsing mengenai hal yang Anda sukai dapat menstimulasi bagian frontal lobe otak, yang menyimpan memori jangka pendek. Sirkuit syaraf akan lebih terangsang ketika Anda melakukan pengambilan keputusan sambil mengasah kemampuan verbal dan visual-spasial anda.

5. Perhatikan Tempat Parkir Motor Anda
Selalu lupa di mana Anda memarkir mobil? Cobalah cara ini untuk mengatasinya. Begitu keluar dari mobil, lihatlah ke sekeliling tempat parkir Anda, lalu gerakkan mata Anda ke kiri dan kanan setiap satu atau dua detik selama 30 detik. Latihan visual ini dapat meningkatkan memori jangka panjang Anda hingga 10%.

Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment