Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 10 April 2012

Cara Sharing Printer dari Windows XP ke Windows 7

Kemarin pas lagi setting jaringan sempet ngalamin masalah, sharing printer beda  Windows ternyata agak mudah (Red :  agak sulit) waktu itu server printer pake XP, eh ternyata ada satu yg pake Win 7. pikiran langsung menuju ke google... trus dapet di blog sahabat ini http://techno.internetberitaku.com trus aku paste aja dibawah ini adalah hasilnya.

Cara Sharing Printer dari XP ke Windows 7 dalam kasus ini ialah dimana Komputer yang bertindak sebagai Server (Komputer yang mempunyai Printer) menggunakan Operating System widows XP, sedangkan untuk komputer Client-nya menggunakan Windows 7 tidak semudah melakukan share printer dari Windows XP ke Windows XP atau dari Windows 7 Ke Windows 7.
Nah untuk itu tutorial cara sharing printer dari XP ke Windows 7 ini mungkin bisa memandu bagi anda yang mungkin merasa kesulitan atau mendapat masalah dalam prosesnya.
Setting di Windows XP (Komputer Server punya Printer)
Pastikan Printer pada Komputer Server Windows XP sudah di share, jika belum share printer terlebih dahulu dengan cara
  1. Buka Control Panel > Printer and Faxes, klik kanan pada Printer Anda lalu Pilih Sharing
  2. Pilih radio button Share this printer dan Beri nama sesuka Anda, contoh dalam kasus ini saya beri nama HPXP
Setting di Windows 7 (Komputer Client)
Pastikan anda dapat melihat nama sharing printer dari jaringan browser Windows 7, dengan cara
  1. Buka Start > Control Panel > Network and Internet kemudian klik View network computers and devices dibawah Network and Sharing Center.
  2. Pada tahap ini anda akan melihat komputer name dari komputer server anda (windows xp), dalam contoh kasus ini bernama Aseem.
  3. Double clik pada komputer name tersebut dan anda akan melihat daftar printer yang telah di share oleh server. Tambahkan printer dengan cara klik kanan lalu Connect.
  4. Jika semuanya berjalan lancar, Windows 7 anda akan meminta menambahkan driver printer untuk ditambahkan di daftar printer.
Jika pada point ke 4 muncul pesan “Cannot connect to printer” lakukan cara berikut ini
  1. Buka Start > Device and Printers
  2. Pada window Device and Printers, klik Add a printer pada menu bagian atas.
  3. Selanjutnya klik Add a local printer
  4. Kemudian pilih option Create a new port dan pilih Local portlalu Next
  5. Pada jendela Port name, ketik path ke share printer, Misalnya\\Aseem\HPXP, dimana Aseem adalah komputer name dari Windows XP (Server Anda) dan HPXP adalah nama share printer.
  6. Selanjutnya pilih driver printer dari daftar yang tersedia. jika tidak tersedia dan anda mempunyai driver printer, pilih Have Disk.
  7. Tunggu sampai Windows 7 selesai memuat driver dan printer siap di gunakan.

1 komentar:

Poskan Komentar