Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Thursday 25 August 2011

Cara dan tips mudik aman dengan sepeda motor



Mudik merupakan salah satu tradisi yang banyak dilakukan masyarakat di perantauan untuk melepas penat sejenak di kampung halaman. Biasanya, acara mudik akan terasa ketika hari besar, seperti lebaran dan hari natal. Pada dua hari besar tersebut, jumlah orang yang mudik selalu membludak. Lihat saja, hampir di semua tempat-tempat umum termasuk terminal, bandara, stasiun, dan pelabuhan pasti akan selalu dipadati oleh lautan manusia ketika waktu mudik itu tiba.
Hampir semua alat transportasi dan kendaraan dipergunakan saat mudik. Ibaratnya, mereka tak peduli dengan kendaraan atau transportasi apa yang akan mereka gunakan saat mudik, karena yang mereka pentingkan adalah segera berada di kampung halaman tercinta dan berkumpul dengan sanak saudara.
Kendaraan roda dua yang biasanya hanya dipergunakan untuk bepergian dalam jarak dekatpun saat mudik bisa beralih fungsi menjadi kendaraan untuk bepergian dalam jarak jauh. Tak jarang karena kekuranghati-hatian itulah kecelakaanpun tak bisa dihindari. Sehingga yang pada awalnya ingin bersuka cita bersama keluarga, yang terjadi malah sebaliknya.
Sebenarnya apapun kendaraan yang kita pilih untuk mudik, termasuk kendaraan roda dua, tidak menjadi masalah selama kita menerapkan peraturan yang ada.
Bagi mereka yang mudik dengan menggunakan kendaraan roda dua apa saja hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian?
1. Tidak boleh membawa barang terlalu banyak karena hanya akan merepotkan. Ingat, dalam kendaraan roda dua tidak terdapat bagasi.
2.Simpanlah dompet di tempat yang aman dan jangan di samping karena bila dompet diletakkan di samping maka pencopet akan dengan mudah mengambilnya.
3.Beristirahatlah bila capek dan jangan terlalu memaksakan diri.
4.Bila pengemudi lebih dari satu orang dan masing-masing memiliki keahlian mengemudikan kendaraan, maka sebaiknya bergantian dalam mengemudikan roda dua tersebut.
5.Sebelum berangkat cek kondisi kendaraan roda dua termasuk rem dan rantai apakah dalam kondisi baik atau tidak.
6.Cek juga ketersediaan bahan bakar apakah cukup atau tidak
7.Pakailah peralatan untuk naik kendaraan roda dua secara lengkap, yaitu: helm standar, sarung tangan, penutup wajah, jaket dan jas hujan.
8.Jangan terlalu kenyang saat akan berangkat karena hanya akan menyebabkan kantuk.
9.Siapkan uang kecil di saku jaket atau celana untuk persiapan membeli bahan bakar, memberi pengamen jalanan, dan hal-hal kecil lainnya. Akan lebih aman kalau uang untuk akomodasi selama di perjalanan (yang sifatnya tidak terlalu banyak) dipersiapkan terlebih dahulu agar tidak perlu membongkar-bongkar tas bila membutuhkan.
10.Simpan nomor-nomor penting terutama nomor polisi
11.Demi keamanan, sebaiknya menginap di penginapan legal saat malam hari, bila memang belum sampai tujuan juga.
12.Jaga kecepatan dalam berkendaraan. Jangan terlalu ngebut terutama di tempat sepi karena justru di tempat-tempat seperti itulah kecelakaan sering terjadi.
13.Ada beberapa pemudik yang membawa bekal demi menghemat pengeluaran. Sebenarnya hal ini sah-sah saja. Namun, tetap pertimbangkanlah bahwa membawa bekal hanya akan menambah beban bawaan barang saat mudik.
Beberapa tips di atas mungkin bisa diterapkan oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua sebagai sarana untuk mudik. Selamat mudik!

0 comments:

Post a Comment