Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Wednesday 22 August 2012

hadist populer

Rosul bersabda"

1. bermula Islam itu asing dan kelak akan menjadi asing seperti semula. maka berbahagialah orang-orang yang terpencil tidak banyak kawannya, yaitu orang yang melestarikan sunahku yang sudah dirusak oleh manusia. (riwayat muslim dan turmudzi)
.
2. tanda tanda orang munafik ada tiga, bila berbicara ia bohong, bila berjanji ia ingkar, dan bila dipercaya ia khianat (riwayat Bukhori-Muslim)
.
3. sambunglah kembali silaturohmi terhadap orang yang memutuskan hubungan denganmu, berbuat baiklah kepada orang yang berbuat buruk terhadapmu dan katakanlah yang hak, sekalipun itu akan merugikan dirimu sendiri (riwayat Ibnu Annajjar)
.
4. apa yang diambil Allah dan apa yang diberikan-Nya itu adalah milik-Nya. segala sesuatu telah di tentukan batas waktunya.hendaklah kamu bersabar dan rela terhadap apa yang telah menjadi ketentuan-Nya (takdir-Nya) dengan mengharap pahala daripada-Nya. (H.R Bukhari)
.
5. jauhilah perbuatan-perbuatan yang dilarang Allah tentu engkau akan menjadi orang yang paling banyak ibadahnya (riwayat Ahmad)
.
6. jauhilah kamu dari rasa dengki, maka sesungguhnya kedengkian itu akan memakan kebaikan sebagai mana api yang memakan kayu(HR.Abu Daud).
.
7. tidak dibenarkan seorang Muslim untuk menghindar (tidak bertegur sapa) dengan orang Muslim yang lain lebih dari tiga hari, barang siapa yang menghindar lebih tiga hari lalu dia mati, maka dia akan memasuki neraka (HR.Abu Daud).
.
8. barang siapa yang dapat menahan marahnya, padahal dia sanggup buat melampiaskannya, maka Allah swt, akan memanggil orang itu di hadapan kepala-kepala mahluk pada hari kiamat hingga diperintahkan untuk memilih padanya berupa bidadari manakah yang ia kehendaki.(HR.Abu Daud).
.
9. barang siapa menyimpan ilmunya,maka Allah akan memasang sumbu api pada dirinya. {Riwayat Ahmad}.

10. takutlah(berhati-hatilah) kamu terhadap wanita, maka sesungguhnya bencana pertama pada golongan Bani Israil yaitu tentang wanita.{HR.Muslim}.

11. sesungguhnya Allah swt.akan menghamparkan tangan-Nya pada malam hari untuk menerima tobat orang yang berdosa pada siang hari.dan Allah menghamparkan tangan-Nya pada siang hari untuk menerima tobat orang yang berdosa pada malam hari,hingga matahari terbit dari barat(menjelang kiamat). {HR.Muslim}.


12. "dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita yang shalihah."(HR.Muslim)

13. barang siapa mencintai karena Allah,membenci karena Allah,memberi karena Allah dan tidak memberi karena Allah,maka telah sempurna Imannya (HR.Abu Dawud dan At-Tarmidzi)

*
14. "Aku tinggalkan kepadamu dua perkara,yang kamu tidak akan tersesat selama kamu berpegang teguh padanya yakni,kitab Allah dan sunahku,keduanya tidak akan terpisah hingga keduanya diceburkan kedalam(haudh)"(HR.Hakim)

15.  (( صَلُّوْا كَمَا رَأَيْتُمُوْنِيْ أُصَلِّيْ )
"Sholatlah sebagaimana kalian melihat aku sholat". (HR. Bukhori)

16.  (( إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَاتِ...))
"Sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung pada niatnya...". (HR. Bukhori dan Muslim)

17. طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan” (H.R. ibnu Majah)


 

0 comments:

Post a Comment